Makalah gizi dan diet untuk diabetes melitus dewasa

Dietisien perlu mempertimbangkan berapa banyak informasi yang perlu diberikan, kemampuan baca dan tulis pasien dan jenis alat peraga yang diperlukan handout, video, audiotape, flip chart, food models.

Sumber vitamin B12 terdapat pada ikan, telur, daging, susu, dan makanan yang telah difortifikasi. Patofisiologi Diabetes Mellitus Tipe 2 Pada DM tipe 2, sekresi insulin di fase 1 atau early peak yang terjadi dalam menit pertama setelah makan yaitu insulin yang disekresi pada fase ini adalah insulin yang disimpan dalam sel beta siap pakai tidak dapat menurunkan glukosa darah sehingga merangsang fase 2 adalah sekresi insulin dimulai 20 menit setelah stimulasi glukosa untuk menghasilkan insulin lebih banyak, tetapi sudah tidak mampu meningkatkan sekresi insulin sebagaimana pada orang normal.

CONTOH MAKALAH KESEHATAN DENGAN JUDUL DIABETES MELLITUS TIPE 2

Lemak Lemak dapat ditemukan pada hewan maupun tumbuhan dalam bentuk organik yang disebut dengan lipid. Vitamin dan mineral terdapat pada makanan sehari-hari, contohnya pada sayur-sayuran dan buah-buahan.

Peneliti mengatakan bahwa resiko serangan jantung pada penderita diabetes sama dengan orang yang pernah terkena serangan jantung sebelumnya. Bagi orang dengan diabetes yang mempunyai masalah kesehatan lain seperti pancreatitis, dislipidemia, atau neuropati mungkin perlu anjuran untuk mengurangi atau menghindari alkohol.

Secara berangsur-angsur kemampuan fase 2 untuk menghasilkan insulin akan menurun. Kekurangan zat gizi, khususnya energi dan protein, pada tahap awal menimbulkan rasa lapar dalam jangka waktu tertentu berat badan menurun yang disertai dengan kemampuan produktivitas kerja.

Diakses pada tanggal 30 Desember Pemecahan protein tersebut akan menyebabkan peningkatan glucosa darah dan pembakaran asam lemak yang tidak lengkap. Diabates tipe II atau disebut juga DM yang tidak tergantung pada insulin yang disebabkan karena insulin yang tidak dapat bekerja dengan baik.

Ia mengingatkan, usia ini masuk periode kritis. Untuk menambah pengetahuan tentang Caring 2. Banyak makan Kalori dari makanan yang dimakan, setelah dimetabolisme menjadi glukosa dalam darah tidak seluruhnya dapat dimanfaatkan, penderita selalu merasa lapar.

Ada lima komponen dalam penatalaksanaan diabetes: Hanya sedikit data ilmiah untuk membuat rekomendasi yang kuat tentang asupan protein orang dengan diabetes. Untuk orang obesitas kalori yang diperbolehkan yaitu kalori x BB perhari.

Pada diabetes yang berat angka tersebut dapat mencapai mg per ml atau lebih. Mempertahankan kadar Glukosa darah mendekati normal dengan keseimbangan asupan makanan dengan insulin endogen atau eksogen atau obat hipoglikemik oral dan tingkat aktufitas.

Sukrosa dan makanan yang mengandung sukrosa harus diperhitungkan sebagai pengganti karbohidrat makanan lain dan tidak hanya dengan menambahkannya pada perencanaan makan. Komplikasi yang serius dan dapat membawa kematian sering turut menyebabkan peningkatan angka rawat inap bagi para penderita diabetes.

Dokter spesialis gizi klinik dapat melakukan Subjective Global Assesment SGA yang meliputi anamnesis tentang asuhan diet, perubahan berat badan, keadaan saluran cerna, kapasitas fungsional serta penyakit yang berkaitan dengan gizi dan pemeriksaan fisik baik secara klinis, biokimia atau laboratorium maupun komposisi tubuh terapi diet merupakan preskripsi atau terapi yang memanfaatkan diet yang berbeda dengan diet orang normal untuk mempercepat kesembuhan dan memperbaiki status gizi.

Kerusakan sel beta tersebut dapat terjadi sejak kecil ataupun setelah dewasa Suyono, Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan tugas makalah ini masih terdapat kekurangan – kekurangan untuk itu kami sebagai penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun agar penyusun tugas yang berikutnya bisa lebih baik lagi.

Tujuan diet artritis gout adalah untuk mencapai dan mempertahankan status gizi optimal, serta menurunkan kadar asam urat dalam darah dan urin. Diet pada penderita ini rendah purin, rendah lemak, cukup vitamin dan mineral.

Diet ini dapat menurunkan berat badan, bila. Bagi penderita diabetes melitus atau kencing manis sebaiknya menjaga pola makan dan diet agar kadar gula dalam darah bisa terkontrol dengan baik. Selain menjaga pola makan dan diet penderita DM juga bisa menggunakan kombinasi obat anti diabetes seperti metformin dengan glibenclamid untuk mengetahui efek penurunannya terhadap kadar gula darah.

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas berkah dan rahmat-nya penulis telah berhasil menyusun makalah tentang diet pada penyakit diabetes millitus.

MAKALAH GIZI DAN DIET

Makalah ini di buat untuk menunjang proses pembelajaran keperawatan. Makalah Diabetes Mellitus BAB I PENDAHULUAN A.

Makalah Diet Penyakit Diabetes Militus

Latar Belakang Diabetes mellitus adalah penyakit hiperglikemia yang ditandai oleh ketiadaan absolute insulin atau insensivitas terhadap insulin. Tujuan makalah ini adalah mengetahui tinjauan mengenai penyakit Diabetes Melitus baik darisegi pengertian, klasifikasi etiologis, epidemiologi, gambaran klinis, patofisiologi, diagnosa, komplikasi, dan pemberian obat atau prngobatan pasian Diabetes Melitus.

Makalah gizi dan diet untuk diabetes melitus dewasa
Rated 5/5 based on 7 review