Menu diet pasca bedah

Kebutuhan cairan dapat dipenuhi secara oral, jenisnya dapat diperoleh dengan mengencerkan makanan padat, seperti kentang, daging cincang, sayuran dan buah dengan cara diblender atau disaring dan ditambahkan cairan. Mengganti kehilangan protein, glikogen, zat besi, dan zat gizi lain c.

Pasien WS merupakan anak laki-laki berusia 14 tahun yang rencananya akan dilakukan operasi laparatomi biopsi pada tanggal 2 Desember jika sudah tidak batuk lagi.

Jumlah cairan yang diberikan tergantung keadaan dan kondisi pasien.

BAB II Pengertian penyakit Pra Bedah Pra bedah atau Praoperasi merupakan masa sebelum dilakukannya tindakan pembedahan yang dimulai sejak ditentukannya persiapan pembedahan dan berakhir sampai pasien berada di meja bedah.

Diet Pasca Operasi Mulut dan atau Esofagus Setelah operasi mulut atau esofagus, pemberian makanan secara parenteral yang biasanya diberikan pada pasien di awal, dengan pemberian makan dengan menggunakan tabung.

Pemberian makanan dari tahap ke tahap tergantung pada macam pembedahan dan keadaan pasien seperti: Diet Pre bedah adalah pengaturan makanan yang diberikan kepada pasien yang akan mengalami pembedahan. Pemberian vitamin secara oral sudah bisa diberikan.

DPB II diberikan untuk waktu sesingkat mungkin karena zat gizinya kurang. Sementara hasil food recall 24 jam menunjukkan bahwa asupan energi, protein, lemak dan karbohidrat mengalami penurunan dibandingkan hari sebelumnya.

Biasanya pada hari keempat sampai hari kelima diet yang diberikan adalah diet lunak, dan hari kelima sampai keenam setelah operasi dapat diberikan diet biasa.

Setelah operasi, kadar eusinofil dan trombosit menjadi normal. Bila sekresi mukus terus berlangsung, tekanan intralumen apendiks semakin meningkat. Kondisi pasien menentukan diet yang akan dikonsumsi. Setelah bagian yang ditangani ditampilkan, dilakukan tindakan perbaikan yang di akhiri dengan penutupan dan penjahitan luk.

Penyakit penyerta yang dialami, misalnya penyakit diabetes melitus, jantung, dan hipertensi. Meningkatkan a.

Diet Pra Pasca Bedah

Pembedahan kuratif, dilakukan untuk mengambil bagian dari penyakit, misalnya pembedahan apendiktomi. Diet pasca bedah II Diberikan pada pasien pasca bedah besar saluran cerna atau sebagai perpindahan dari diet pasca bedah I.

Pasca-bedah besar: Yang sering digunakan adalah petidin dan morfin. Memberikan kebutuhan dasar cairan, energi, protein Menggantikan kehilangan protein, glikogen, zat besi, dan zat gizi lain Memperbaiki ketidakseimbangan elektrolit dan cairan.

Secara keseluruhan, pola makan WS sudah termasuk baik yaitu 3 kali sehari namun jarang mengonsumsi cemilan. Pemberian makan pembuluh darah melalui infus dapat dihentikan. Pembedahan menyebabkan terjadinya gangguan faal organ vital, terjadi juga perubahan metabolisme dan perubahan pada jaringan Sjamsuhidajat, Pada hari kedua monitoring dan evaluasi, pasien sudah dipuasakan karena dijadwalkan menjalani laparatomi biopsi pada pukul Tidak ada pemeriksaan biokimia terbaru, dan tanda vital pasien masih normal.

Makanan yang tidak boleh diberikan pada diet pasca-bedah II adalah air jeruk dan minuman yang mengandung karbondioksida. Pengaturan pasca operasi beragam.

Protein, kalori dan semua zat gizi yang dibutuhkan diperoleh dalam jumlah bebas. Teoritis Diet pre operasi menurut ahli dunia London, Lebih dari tahun protokol medis, pasien biasanya tidak diperbolehkan makan setidaknya 12 jam sebelum menjalani operasi.

Penggunaan narkotik harus hati-hati pada anak-anak dan orang tua karena bisa menimbulkan depresi pusat nafas dan akan semakin parah pada orang yang dalam keadaan buruk.

Selain itu, bila pasien menjalani operasi perut, maka ia pun tidak boleh makan sampai seminggu setelah operasi dan hanya boleh bergerak di tempat tidur selama berminggu-minggu.

Pemberian makanan dari tahap ke tahap tergantung pada macam pembedahan dan keadaan pasien, seperti: Namun lebih sering menyerang laki-laki berusia tahun. Peritonitis bisa disebabkan oleh masuknya bakteri dalam rongga peritonium pada saluran makanan yang mengalami perforasi.

Bahan Makanan Sehari dan Nilai Gizi. Plasa atyau serum darah lebih mudah dugunakan dalam transfusi darah, disimpan dan dikombinasikan tanpa penggumpalan seluruh darah. Jenis Diet dan Indikasi Pemberian A. Oral Feeding Meskipun sebaiknya menghindari puasa seketika setelah operasi, tetapi hal ini penting untuk tidak meningkatkan jumlah dietnya secara cepat.

Peradangan akan meluas hingga mengenai peritoneum setempat sehingga timbul rasa nyeri di daerah kanan bawah. Apabila makanan pokok dalam bentuk bubur atau tim tidak habis, sebagai pengganti diberikan makanan selingan pukul Kebutuhan kalori, protein, lemak dan elektrolit sangat diperlukan untuk kebugaran fisik dan penyembuhan luka pasca bedah.

Makanan cair dapat berupa susu, tatapi tidak boleh terlalu panas.Diet pasca bedah II diberikan kepada pasien pasca bedah besar saluran cerna atau sebagai perpindahan dari Diet Pasca Bedah I.

Diet pasca bedah III (DPB III) Diet pasca bedah III ini diberikan kepada pasien pasca bedah mayor saluran cerna atau sebagai perpindahan dari Diet Pasca Bedah II. Sedangkan tujuan dari diet pasca bedah ialah untuk mengupayakan agar status gizi pasien segera kembali normal untuk mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh pasien dengan cara memberikan kebutuhan dasar (cairan, energi, protein),menggantikan kehilangan protein, glikogen, zat besi, dan gizi lain, dan memperbaiki ketidakseimbangan elektrolit dan cairan.

Diet Pasca-Bedah Lewat Pipa Lambung adalah pemberian makanan bagi pasien dalam keadaan khusus seperti koma, terbakar, gangguan psikis, dimana makanan harus diberikan lewat pipa lambung atau enternal atau Naso Gastric Tube(NGT).

Diet Pra Pasca Bedah - Download as Powerpoint Presentation .ppt), PDF File .pdf), Text File .txt) or view presentation slides online.

pringgotomo, gathut. pengaruh pendidikan kesehatan pada discharge planning terhadap pengetahuan pasien tentang diet pasca bedah sectio justgohostelbraga.com: Gathut Pringgotomo.

Diet Pasca-Bedah lewat Pipa Lambung adalah pemberian makanan bagi pasien dalam keadaan khusus, seperti koma, terbakar, gangguan psikis, di mana makanan harus diberikan lewat pipa lambung atau enteral atau Naso Gastric Tube (NGT).Author: Nuy.

Menu diet pasca bedah
Rated 4/5 based on 96 review