Pemecahan lemak dalam tubuh

Penyerapan atau absorption zat-zat makanan tadi sebbagian besar dilangsungkan didalam usus halus kecuali air yang diserap didalam usus besar. Hal ini dapat terjadi karena ada hubungan antara metabolisme karbohidrat, lemak, protein atau asam amino.

Ketika memasuku doudenum usus 12 jari ,dinding - dinding doudenum akan menghasilkan kolesistokininhormon ini yang merangsang hati untuk melepaskan garam empedu.

Buku ajar fisiologi kedokteran. Sebagai cadangan energi dalam bentuk sel lemak. Biokimia kedokteran dasar.

Pengertian dan Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh

Doudenum akan menghasilkan hormon sekretin yang akan merangsang prankeas dan menghasilkan enterokinase. Namun, meski relatif lama dicerna, tubuh tetap perlu dan membutuhkan senyawa ini untuk beberapa hal diantaranya: Esofagus dan Lambung Setelah dikunyah, makanan yang mengandung lemak akan ditelan dan melewati esophagus secara cepat.

Kita mendapatkan lemak dari tumbuhan dan juga hewan. Enzim-enzim proteinase lainya dari usus halus dipeptidase, karboksipeptidase, aminopeptidase juga membantu pemecahan protein menjadi asam amino. Ketika lemak telah teremulsi, lipase yang dihasilkan oleh pankres akan memecah lemak menjadi gliserol dan asam lemak yang akan diserap ke dalam tubuh melalui dinding usus penyerapan.

Sedangkan enzim renin akan mengubah kasein protein susu menjadi parakasein yang selanjutnya akan diubah oleh pepsin menjadi pepton. San Francisco Courses. Fosfolipid dalam darah dapat ikut serta dalam metabolisme sel dan juga dalam koagulasi darah.

Proses emulsifikasi sendiri terjadi ketika lemak masuk ke usus dua belas jari. Trigliserida lemak netral Trigliserida merupakan asam lemak yang dibentuk dari esterifikasi tiga molekul asam lemak menjadi satu molekul gliserol. Proses Pencernaan Lemak Proses pencernaan lemak memakan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan proses pencernaan karbohidrat maupun pencernaan protein.

Pembagian lipid didasari oleh hidrolisisnya. Pepton memasuki duodenum usus 12 jari untuk dipecah menjadi asam amino dengan bantuan enzim yang dihasilkan oleh pankreas. Berbeda dengan karbohidrat dan protein, lipid bukan suatu polimer dan tidak mempunyai satuan yang berulang.

Asil KoA yang sudah berada dalam mitokondria ini selanjutnya masuk dalam proses oksidasi beta 2. Fruktosa di sebut juga levulosa Fruktosa terdapat pada buah - buahansayur - sayuran dan terutama pada madu.

Lipid digolongkan menjadi lipid sederhana, lipid majemuk dan sterol. Enzim pengubah protein bersifat hidrolotik—memerlukan air pada perombakan atau pelepasan asam amino. Berikut ini adalah tahap-tahap reaksi: Di sisi lain, jika kebutuhan energi sudah mencukupi, asetil KoA dapat mengalami lipogenesis menjadi asam lemak dan selanjutnya dapat disimpan sebagai trigliserida.

Dalam sintesis malonil-KoA ini, malonil-KoA karboksilase yang mempunyai gugus prostetik biotin sebagai katalis. Defisiensi zat ini juga dapat terjadi saat hemodialysis. Karbohidrat harus di serap dan di cerna dalam rangka untuk mengubah mereka menjadi energi yang dapat di gunakan oleh tubuh.

Penjelasan Proses Pencernaan Karbohidrat, Protein, dan Lemak Dalam Tubuh Manusia Secara Detail

Enzim pengubah protein, menurut penelitian para pakar, ternyata tidak terkandung dalam saliva, dengan demikian peronbakan terhadap protein ikatan peptida tidak terjadi didalam mulut melainkan untuk pertama kalinya dirombak dalam lambung.

Dengan terdapatnya asam klorida HCl yang diproduksi lambung, sebelum makanan bereaksi asam, pati sebesar mungkin akan diubah menjadi disakharida. Monosakharida merupakan karbohidrat yang biasanya dapat melewati usus halus. Namun setelah karbohidrat mencapai asam lambung amilase tidak aktiv.

Demikian setelah beberapa putaran maka asam lemak terbentuk pada reaksi terakhir yaitu hidrolisis asil ACP menjadi asam lemak dan ACP. Butiran-butiran lemak tak larut dalam air, sedangkan enzim lipase dapat larut dengan air oleh karenanya hanya dapat menyentuh bagian permukaannya saja.

Reaksi ini ialah reaksi hidrasi terhadap ikatan rangkap antara C-2 dan C Semakin banyak kandungan lemak maka akan semakin besar sel adipositnya atau akan semakin banyak sel adiposit dengan simpanan lemak dalam vakuola. Diantara faktor tadi yang penting adalah: Reaksi merupakan reaksi reversible, artinya pada kondisi tertentu kelebihan glukosa akan diubah menjadi lemak melalui reaksi lipogenesis.

Semua unsur makanan sama pentingnya bagi tubuh karena saling melengkapi dan menjaga keseimbangan tubuh. Berdasarkan rantai molekulnya karbohidrat di bedakan menjadi tiga yaitu: Kelainan metabolisme fosfolipid terjadi menyebabkan beberapa penyakit.

Berbeda dengan pengangkutan nutrisi lainnya, lemak akan diangkut oleh sistem limfatik getah bening bersama dengan sel — sel darah putih. Terapi kelainan ini adalah dengan suplementasi karnitin per oral.Dalam tubuh protein berfungsi sebagai cadangan energi setelah lemak.

1 gram protein mengandung 4,1 kalori. Protein merupakan senyawa polipeptida yang tersusun atas polimer asam amino. Ada 20 macam asam amino yang terdapat di alam yang di golongkan menjadi ensesial dan justgohostelbraga.com amino sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk penyusun, pertumbuhan dan sebagai pengganti protein yang.

Lemak nabati misalnya terdapat dalam buah alpukat, kacang-kacangan, dan minyak tumbuhan, sedangkan lemak hewani terdapat dalam daging, telur, susu hewan, ikan, serta berbagai olahannya. Baik lemak nabati maupun lemak hewani, meskipun struktur dan susunannya sedikit berbeda, namun di dalam tubuh keduanya dicerna dengan proses yang sama.

Penjelasan Proses Pencernaan Karbohidrat, Protein, dan Lemak Dalam Tubuh Manusia Secara Detail – Makanan adalah zat penting bagi tubuh guna memperoleh energi, pertumbuhan, daya imun, dll.

Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati, yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energi.1 Klasifikasi Lemak Lipid sederhana adalah golongan lipid yang jika dihidrolisis akan menghasilkan asam lemak dan gliserol.

Contohnya adalah fat atau minyak (Trigliserida). Lipid kompleks adalah golongan lipid yang jika. Ketika lemak telah teremulsi, lipase yang dihasilkan oleh pankres akan memecah lemak menjadi gliserol dan asam lemak yang akan diserap ke dalam tubuh melalui dinding usus penyerapan.

Gliserol dan asam lemak akan diangkut oleh pembuluh darah menuju ke seluruh tubuh.

Pemecahan lemak dalam tubuh
Rated 5/5 based on 4 review